Di era digital seperti saat ini, semakin banyak peluang usaha baru yang muncul. Sebagai pelaku usaha, kita bisa memanfaatkan peluang ini. Saat ini, tidak hanya produk fisik yang bisa kita jual, banyak juga produk digital yang dapat kita jual untuk memperoleh keuntungan. Menjual produk digital sangatlah menguntungkan, kita tidak memerlukan biaya lebih seperti pada produk fisik.

Produk digital

Terdapat berbagai jenis produk digital yang bisa dijual diantaranya seperti game/aplikasi, online course, ebook, sound effect/musik, hasil foto, desain, dan lain sebagainya. Berbagai macam jenis produk digital ini pun membuat semakin banyak penggiat yang berkecimpung dalam menjual produk digital ini. Berikut merupakan beberapa keuntungan menjual produk digital.

1. Toko Online, Penjualan Produk Tidak Perlu Ditunggu

Membangun sebuah toko online lebih murah jika dibandingkan dengan toko fisik. Jika pada toko fisik, pelaku usaha memerlukan biaya sewa yang lebih mahal. Membangun toko online hanya memerlukan biaya sewa domain dan hosting. Bahkan terdapat beberapa platform yang menyediakan tempat tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Pada umumnya, produk digital menggunakan sistem dalam penjualannya. Pembeli dapat melakukan pembelian secara otomatis dari order, pembayaran, hingga penggunaan produk digital secara online. Contohnya seperti pada online course, tentunya pembeli dapat langsung membeli suatu course tanpa ada penjual yang harus menerima order dan uang dari pembeli tersebut.

Toko online membuat siapapun dapat membeli produk yang kita buat, bahkan hingga lintas negara. Menjual produk digital pun tidak memiliki batasan dalam handling konsumen. Bayangkan jika pada toko fisik, mungkin sales hanya mampu menghadapi 10 orang perhari nya. Namun, dengan sistem yang ada pada toko online, kita tidak mengenal batasan ini. Kita dapat menjualnya sebanyak mungkin. Tentu hal ini merupakan suatu yang sangat menguntungkan.

2. Hanya Perlu Satu Kali Membuat Produk

Mungkin terdapat beberapa produk digital yang memerlukan keunikan sehingga harus dibuat berbeda. Namun, pada umumnya, produk digital menggunakan konsep konten yang serupa sehingga dapat digunakan berulang kali. Contohnya pada saat membeli game, tentunya konten dari produk digital di setiap konsumen tetap sama. Pelaku usaha hanya perlu membuat produk satu kali, namun dapat dijual berulang kali kepada konsumen yang berbeda. Tentu hal ini lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan produk fisik yang harus dibuat kembali, contohnya seperti produk baju.

3. Keberagaman Jenis Produk Dapat Disesuaikan Kemampuan

Produk digital sangatlah beraneka ragam. Kebanyakan produk digital yang dijual merupakan hobi dari penjual tersebut. Dengan konsep seperti ini tentunya akan lebih menyenangkan bagi setiap orang untuk mendapatkan keuntungan lebih karena dapat menyesuaikan dengan minatnya masing-masing. Contohnya ketika seseorang suka dalam bidang fotografi, hasil foto tersebut dapat dijual di situs penjualan foto di internet.

4. Jangkauan Market Luas, Bahkan Internasional

Produk digital juga mempermudah pelaku usaha untuk melakukan penjualan produk ke luar negeri. Jika dibandingkan dengan produk fisik, terlalu banyak biaya yang dikeluarkan untuk melakukan ekspor produk ke luar negeri. Selain itu, administrasi yang sulit juga menghambat dalam penjualan produk. Namun, dengan produk digital kita dapat melakukan penjualan lebih mudah jika dibandingkan dengan produk fisik.

Dari keuntungan tersebut, tentunya menjual produk secara digital dapat menekan biaya produk. Yang akan mempengaruhi keuntungan usaha yang lebih banyak. Terdapat keuntungan lainnya yang mungkin bisa digali kembali diluar keuntungan yang sudah disebutkan diatas. Melihat keuntungan-keuntungan tersebut, apakah tertarik untuk menjual produk digital? Apa produk digital yang akan kamu jual?

Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.